Angkasa Pura Logistik Ungkap Lelang Ruang Kapal yang Menyulitkan Aktifitas Logistik

47

Angkasa Pura Logistik Ungkap Lelang Ruang Kapal yang Menyulitkan Aktifitas Logistik

PT Angkasa Pura Logistik blak- blakan membeberkan soal terdapatnya beberapa isu seperti lelang ruang kapal yang menyulitkan aktivitas logistik melalui pengapalan hingga disaat ini. Terdapat sekian banyak isu yang dirasakan oleh perseroan dikala ini yaitu biaya pengapalan yang naik rata- rata 3 kali hingga 5 kali dari tarif yang sewajarnya. Isu krusial yang lain merupakan soal ruang kapal. Dengan kelangkaan kapal, banyak rute- rute pelayaran yang sebelumnya terdapat saat ini telah tidak terdapat sehingga tidak mudah melakukan pengiriman ekspor. Pihaknya juga merasakan terdapatnya penumpukan barang di beberapa gudang AP Logistik sebab tarif pengapalan yang tidak masuk ide sehingga banyak aktivitas logistik yang memakai container kapal laut jadi sulit,

PT Angkasa Pura Logistik membeberkan terdapatnya beberapa isu yang menyulitkan aktifitas logistik melalui pengapalan hingga disaat ini. Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah dilansir dari bisnis. com mengatakan terdapat 2 isu yang dirasakan oleh perseroan disaat ini yaitu biaya pengapalan yang naik rata- rata 3 kali hingga 5 kali dari tarif yang sewajarnya. Isu krusial yang lain yakni soal ruang kapal. Danny menyebut dengan kelangkaan kapal, banyak rute- rute pelayaran yang tadinya ada sekarang telah tidak ada sehingga susah melakukan pengiriman ekspor. Pihaknya juga merasakan terdapatnya penumpukan barang di beberapa gudang AP Logistik sebab tarif pengapalan yang tidak masuk akal.

Baginya perihal ini merupakan isu krusial sebab keadaan pasar yang tidak asimetris. Keterbatasan kapal ikut menciptakan pemilik barang susah melakukan pemesanan atau booking.

“ Terdapat permasalahan last minute sehingga space[ruang kapal] itu dilakukan lelang. Yang sanggup ambil harga paling tinggi yang diberikan. Guna mendapat itu last minute sekali. Ini membuat ketidakpastian melakukan logistik semakin tinggi,” ucapnya, dilansir dari bisnis. com Kamis( 30/ 12/ 2021). Berdasarkan pengetahuannya, isu yang pula dirasakan pelaku ialah kelangkaan container. Pemicu kelangkaan container memanglah kompleks. Terdapat yang mengatakan akibat turunnya impor sehingga masuknya container ke dalam negeri terbatas. Setelah itu, situasi di berbagai belahan dunia yaitu meningkatkan kebutuhan container sehingga container juga ditarik ke sana.

Adapula sebab perkara jumlah pelayaran nasional yang kurang sehingga rute- rute dikuasai oleh pelayaran luar negeri.“ Yang kami dengar terakhir terdapat kapal yang beroperasi di Indonesia banyak yang dikontrakkan ke luar negeri dengan harga yang lebih baik. Sehingga ini menimbulkan kelangkaan kapal,” imbuhnya.

Baca Juga :  Deretan Fakta Mengejutkan Pelabuhan Patimban, Mega Proyek Bernilai Puluhan Triliun

Disaat ini, lanjutnya, telah terdapat serangkaian kebijakan pemerintah guna menanggulangi tentang ini. Tetapi memanglah situasi ini sudah cukup berimpak kepada pelaku usaha terutama yang berkecimpung dalam logistik angkutan laut serta multimoda.“ Kami merasakan banyak aktifitas logistik yang memakai container kapal laut jadi sulit,” tekannya.