Bea Cukai Bangun Kolaborasi Antarinstansi untuk Fasilitasi Perdagangan Internasional

44

Bea Cukai Bangun Kolaborasi Antarinstansi untuk Fasilitasi Perdagangan Internasional

Bea Cukai terus berupaya membangun kolaborasi antarinstansi, khususnya instansi- instansi yang memiliki irisan tugas dengan Bea Cukai.

Perkembangan perdagangan internasional, baik yang menyangkut aktivitas di bidang impor ataupun ekspor, tengah hadapi kemajuan yang sangat pesat. Perihal ini juga menuntut adanya sistem serta prosedur kepabeanan yang terus menjadi efisien serta efektif, dan pengawasan arus barang serta dokumen yang kian komprehensif. Dengan kata lain, permasalahan birokrasi di bidang kepabeanan yang rumit sudah jadi kasus yang tidak populer. Menyadari perihal ini, dalam menjalankan fungsinya selaku trade facilitator sekaligus community protector, Bea Cukai terus berupaya membangun kerja sama antarinstansi, khususnya instansi- instansi yang memiliki irisan tugas dengan Bea Cukai.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Kamis( 03/ 02) yang dilangsir beacukai. go. id berkata Bea Cukai berkomitmen guna menyingkirkan ego sektoral serta ego sentrisme lembaga, supaya bisa menjalin kerja sama yang baik dengan kementerian/ lembaga ataupun institusi terkait yang lain,” Perihal ini semata- mata demi menjamin kelancaran pelaksanaan tugas serta fungsi Bea Cukai di lapangan serta untuk kemajuan perekonomian Indonesia. Terlebih di situasi pandemi saat ini, fungsi kami selaku fasilitator perdagangan juga semakin esensial.”

Disebutkan Hatta, beberapa kantor- kantor pelayanan juga mewujudkan kerja sama antarinstansi di bidang pengawasan serta pelayanan kepabeanan serta cukai.” Di bidang pengawasan, kami memelihara supaya perkembangan perdagangan internasional ini tidak mengancam keselamatan masyarakat, ialah dengan mengawasi lalu lintas orang serta barang serta menindak tegas penyelundupan narkotika ke Indonesia. Untuk itu, kami bersinergi dengan institusi penegak hukum yang lain, seperti yang dilakukan Bea Cukai Pangkalpinang dengan Polda Kepulauan Bangka Belitung serta Bea Cukai Tarakan dengan Kejaksaan Tinggi Negeri Tarakan. Kami berharap koordinasi berlangsung dengan baik, sehingga kami bisa saling mendukung tugas pokok masing- masing instansi, khususnya di wilayah pengawasan masing- masing,” ucapnya.

Tidak hanya untuk menanggulangi peredaran narkotika, Bea Cukai juga menjalin kerja sama dengan institusi lain demi tingkatkan kualitas pengawasan lautnya.” Salah satu perwujudannya yakni kerja sama Pangkalan Sarana Operasi Bea serta Cukai Tipe B Tanjung Priok dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional( BRIN) untuk menyelenggarakan penelitian komunikasi radio HF/ SSB pada kapal patroli Bea Cukai. Supaya bisa terus menjadi sepadan serta efisien, demi mendukung aktivitas pengawasan Bea Cukai yang terus menjadi baik.”

Baca Juga :  CVC Perdana 2022, Bea Cukai Marunda Asistensi PLB PT KBN Prima Logistik

Sebaliknya, di bidang pelayanan Hatta menegaskan kalau Bea Cukai berkomitmen menghadirkan pelayanan kepabeanan serta cukai yang profesional kepada para pengguna jasanya. Merealisasikan perihal tersebut, Bea Cukai juga tidak sungkan merangkul berbagai instansi pemerintah serta swasta.

” Contohnya, seperti yang dilakukan Bea Cukai Tanjung Perak dengan menggelar audiensi bersama Atase Bea Cukai Kedutaan Besar Korea Selatan secara daring lewat zoom meeting yang diwaliki oleh Mr. Yeoung Atase Bea Cukai Kedutaan Besar Korea Selatan,” sebut Hatta.

Perihal ini baginya ialah wujud pelayanan prima serta responsif yang diberikan Bea Cukai, ialah berbentuk percepatan layanan, kepastian hukum serta peraturan, kemudahan serta keterbukaan informasi, dan mediasi kepada segala mitra serta stakeholder.” Kami berharap bisa mewujudkan kelancaran aktivitas kepabeanan serta mendukung keterbukaan data dari Bea Cukai kepada stakeholder, yang akhirnya untuk memfasilitasi perdagangan serta peningkatan ekonomi Indonesia,” tutupnya.