Pelindo Naikkan Tarif Pas Pelabuhan Mulai 1 Januari 2022

47

Pelindo Naikkan Tarif Pas Pelabuhan Mulai 1 Januari 2022

Walaupun seluruh pengguna jasa pelabuhan lewat asosiasi masing- masing menolak rencana kenaikan tarif cocok pelabuhan, tetapi PT Pelindo Tanjung Priok tetap bersikeras menaikkan dengan alasan sudah 10 tahun tidak terdapat penyesuaian tarif pas.

PT Pelabuhan Indonesia( Persero) atau Pelindo memutuskan guna menaikkan tarif pas pelabuhan mulai 1 Januari 2022. Pelindo menarangkan alasan di balik naiknya Tarif Pas Pelabuhan yang mulai berlaku 1 Januari 2022. General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Silo Santoso menjelaskan penaikan tarif pas yang baru dilakukan disaat ini akibat belum alami penyesuaian selama 10 tahun terakhir. Tarif lama tersebut, jelasnya, telah berlaku semenjak 2011 lalu. Melalui penaikan tarif tersebut, ia meyakinkan kepada pengguna jasa, Pelindo sudah melakukan pengembangan- pengembangan untuk tingkatkan mutu layanan kepada pengguna jasa, khususnya angkutan barang.

” Pembahasan usulan penyesuaian tarif pas pelabuhan telah dimulai dengan asosiasi dari beberapa tahun lalu,” ucapnya, dilansir dari bisnis. com Minggu( 5/ 12/ 2021).

Pelindo menyebutkan senantiasa terbuka untuk menerima masukan serta siap berdiskusi dengan para pengguna jasa ataupun mitra, bersama- sama dengan Otoritas Pelabuhan sebagai regulator. Perihal itu dilakukan agar rencana yang bakal dilakukan bisa jadi lebih baik, termasuk dalam perihal tarif Pas Pelabuhan Tanjung Priok yang bakal disesuaikan pada tahun depan. Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, sebutnya, juga sudah sediakan beberapa sarana buffer area sebagai tempat menunggu sedangkan untuk angkutan truk guna membantu kurangi kepadatan di dalam area pelabuhan. Disaat ini pula tengah dikembangkan layanan Single Truck Identification System( STID) yang diharapkan bisa meningkatkan fungsi kontrol serta tingkatkan kelancaran operasional serta lalu lintas di pelabuhan. Tidak hanya itu, Pelindo bakal tingkatkan mutu layanan lewat investasi secara berkelanjutan, termasuk lewat pengembangan fasilitas guna tingkatkan pelayanan kepada pengguna jasa.

Baca Juga :  Dimasa Pandemi, Pelayaran Asing Untung Besar

Untuk pelaku usaha angkutan barang, sudah dilakukan berbagai pengembangan sarana antara lain peningkatan kekuatan dan pelebaran jalan di area pelabuhan, penguatan instalasi penerangan di beberapa titik pelabuhan, peningkatan drainase guna penangkalan banjir, instalasi CCTV guna memperkuat keamanan serta monitoring lalu lintas di pelabuhan, dan implementasi autogate dan e- payment system guna menunjang kelancaran proses pada disaat memasuki area pelabuhan. Sementara itu, Regional Head 2 Pelindo, Guna Mulyana menuturkan bahwa untuk bisa terus menjaga serta tingkatkan level of service, Pelindo Regional 2 Tanjung Priok bakal melakukan penyesuaian tarif Pas Pelabuhan pada 1 Januari 2022. Rencana kenaikan Pas Pelabuhan Tanjung Priok sebelumnya sudah disepakati dengan asosiasi yang mewakili pelaku usaha angkutan barang ialah DPD Angsuspel DKI Jakarta, DPD Aptrindo DKI Jakarta, serta Klub Logindo, dan diketahui oleh Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok. Ia juga berharap pengembangan- pengembangan yang sudah dilakukan bisa menunjang aktivitas usaha para pengguna jasa serta stakeholder di dalam serta sekitar area Pelabuhan.” Kami juga membutuhkan support dari para pengguna jasa serta stakeholder supaya kelancaran arus barang di Pelabuhan bisa terus dijaga serta ditingkatkan” tekannya. Dalam beberapa tahun ke depan, Pelindo sudah mempunyai rencana guna menunjang kelancaran lalu lintas di dalam serta sekitar area pelabuhan seperti pembangunan jalan akses langsung dari Jalan. Industri 1 menuju Pelabuhan Tanjung Priok, relayouting jalan di area pelabuhan, kenaikan Traffic Management System, dan pembangunan New Priok Eastern Access( NPEA).

foto:antara

Sebagai informasi, bersumber pada Surat Edaran General Manager PT Pelindo Regional II Tanjung Priok, tarif pas pelabuhan akal naik secara bertahap yaitu sebesar 50 persen pada 1 Januari 2022 serta bakal jadi 100 persen sampai akhir tahun 2022. Tadinya, tarif pas pelabuhan untuk kendaraan truk serta sejenisnya hanya sebesar Rp10. 000 buat tiap kali masuk.

Baca Juga :  Deretan Fakta Mengejutkan Pelabuhan Patimban, Mega Proyek Bernilai Puluhan Triliun

Adapun rincian besaran tarif tersebut tertuang dalam Surat Edaran General Manager PT Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Nomor: PU. 05. 02/ 1/ 12/ 2/ B. 1. 1/ GM/ C. Tpk- 2021 yang ditandatangani Silo Santoso pada 1 Desember 2021.

Dalam beleid itu, disebutkan kalau pemberlakuan penyesuaian tarif pas masuk pelabuhan Priok untuk kendaraan truk serta sejenisnya bakal dilakukan dalam 2 tahap yaitu, tahap pertama- periode 1 Januari 2022 hingga dengan 1 Juni 2022 jadi Rp15. 000 serta tahap kedua- periode 1 Juli 2022 dan seterusnya Rp20. 000