Tranformasi Digital bagi Pelaku Logistik Merupakan Sebuah Keharusan

52

Tranformasi Digital untuk pengusaha pelaku Logistik merupakan sebuah suatu keharusan serta tidak dapat ditawar. Upaya ini dilakukan demi menjawab perkembangan teknologi yang sangat pesat. Serta ini dapat jadi katalis untuk dapat bertahan sampai melaksanakan bermacam ekspansi sepanjang pandemi Covid- 19. Kesempatan bisnis industri logistik makin terjaga bersamaan dengan maraknya kegiatan belanja daring warga. Digitalisasi ialah realitas yang tidak bisa dihindari oleh para pelaku logistik. Kemajuan sektor teknologi saat ini membuat seluruh pebisnis mentransformasi bisnisnya ke sektor digital supaya bisa meningkatkan daya saing dengan menjangkau sasaran pasar secara lebih masif. Kesempatan sektor logistik di Indonesia juga terus menjadi besar, terutama setelah terjadinya pandemi COVID- 19. Pelaku bisnis logistik butuh segera melaksanakan menyesuaikan diri terhadap perubahan di tengah transformasi digital.

Pimpinan Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia( ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi berkata dikala ini pola bisnis serta perdagangan juga sudah berubah. Industri sudah melakukan bermacam perubahan lantaran mereka tidak cuma melihat dari sisi logistik namun juga rantai pasok Karena itu, imbuh Yukki, transformasi digital yang dicoba oleh sektor logistik ialah suatu keharusan serta dinilai dapat menjadi katalis untuk dapat bertahan sampai melakukan berbagai ekspansi.

Yukki menambahkan kalau industri logistik yang tidak ingin melakukan perubahan itu, akibatnya dapat tutup. Terlebih kesempatan bisnis perusahaan jasa kirim ataupun e- commerce makin moncer bersamaan dengan maraknya kegiatan belanja daring warga selama masa pandemi ini, ucapnya, Jumat( 10/ 12/ 2021) yang sudah di lansir bisnis. com bebrapa waktu yang lalu.

Yukki mengatakan pandemi Covid- 19 sudah menekan kinerja seluruh sektor, termasuk industri distribusi barang ataupun logistik. Sementara itu, sektor logistik jadi tulang punggung untuk sektor lain yang memerlukan distribusi barang.

Baca Juga :  2022 Tahun Startup, Persaingan Startup di Dunia Logistik Indonesia

Perubahan pola bisnis serta perdagangan, kata Yukki, dikala ini pula tidak terlepas dipengaruhi ciri pertumbuhan masyarakatnya. Apalagi, kata Yukki, dalam perkembanganya, kegiatan perdagangan yang melibatkan penjualan barang ataupun penawaran jasa secara langsung kepada konsumen akhir mengalami pergeseran lumayan masif. Dari tadinya berbentuk tradisional ritel jadi modern ritel serta kemudian terus bergerak jadi ritel kecil serta bahkan dikala ini cenderung didominasi online ritel.

Tranformasi Digital pelaku Logistik tidak dapat ditawar. Transformasi digital mengacu pada proses serta strategi menggunakan teknologi digital buat secara drastis mengganti metode bisnis beroperasi serta melayani pelanggan. Ungkapan ini sudah jadi hal yang umum di masa digitalisasi. Itu sebab tiap pelaku logistik terus menjadi bergantung pada informasi serta teknologi untuk beroperasi lebih efisien serta memberikan nilai kepada pelanggan. Para pelaku logistik guna memaksimalkan teknologi sebab memanglah digitalisasi ini telah jadi kebutuhan. Intervensi digital ini krusial dalam proses otomatisasi sebab pasti akan meningkatkan akuntabilitas serta efisiensi secara operasional. Meningkatkan pemanfaatan teknologi serta informasi yang salah satunya bertujuan guna menunjang transformasi digital di sektor logistik. Pemanfaatan teknologi pada sektor logistik menciptakan efisiensi. Efisiensi sektor logistik ini pula diharapkan sanggup menghasilkan dampak domino pada meningkatnya daya beli warga sehingga dapat mempercepat program pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi.